Ikatan Alumni Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Para lulusan dari program studi Manajemen Dakwah menggabung diri dengan mendirikan himpunan alumni yang dinamakan dengan IKA MD. Aktivitas dan hasil kegiatan ini tujuan utamanya adalah untuk menghimpun, mengorganisir, memberdayakan alumni untuk kemajuan program studi Manajemen Dakwah, khususnya dalam hal perbaikan proses belajar  dan pengembangan jejaring.

Menyangkut perbaikan proses belajar, alumni Manajemen Dakwah telah banyak memberikan masukan untuk pengembangan kurikulum, perbaikan PBM (Proses Belajar Mengajar), sistem evaluasi, perbaikan praktikum dan lain-lain.

Sedangkan untuk pengembangan jejaring, alumni Manajemen Dakwah telah banyak berperan diantaranya untuk:

  1. Memediasi program studi Manajemen Dakwah untuk melakukan MoU dengan instansi tempat alumni bekerja;
  2. Memberikan informasi tetang keberadaan program studi Manajemen Dakwah;
  3. Memperkenalkan mahasiswa Manajemen Dakwah terhadap dunia kerja sesuai dengan instansi terkait; dan
  4. Membentuk komunitas elektronik; berupa Focus Group Discussion (FGD), facebook, instagram, twitter dan blog alumni IKA Manajemen Dakwah UIN SGD Bandung.

Himpunan  Alumni Program Studi Manajemen Dakwah,  berdiri sejak tahun 2003,

  1. Ketua IKA periode 2003-2008 yakni Moch. Fakhruroji, S.Ag.
  2. Ketua IKA periode 2008-2013 yakni Herman, S.Sos.I.,
  3. Ketua IKA periode 2013-2017 yakni Budi Budiman, S.Ag.
  4. Ketua IKA periode 2017-2021 yakni H. Edi, S.Sos.I.

kemudian pada tahun 2017 terjadi pembaharuan IKA dengan pemilihan pengurus dan ketua baru, maka terpilihlah H. Edi, S.Sos.I., untuk menjadi ketua umum IKA Manajemen Dakwah untu periode 2017-2021. Untuk kepengurusan IKA MD periode ini dikukuhkan oleh surat keputuan IKA UIN Sunan Gunung Djati Bandung No. 003/B/SK-IKA-Prodi/II/2018. Dengan SK tersebut maka kepengurusan IKA untuk periode ini diubah menjadi 2018-2022.

  Tujuan utama ikatan alumni, yaitu untuk memelihara dan membina ikatan silaturrahim antara sesama alumni dan antara alumni dengan prodi serta dengan mahasiswa. Komunikasi yang terjalin terwujud dalam bentuk pemberian berbagai informasi dan masukan bagi pengembangan prodi Manajemen Dakwah baik dalam penyempurnaan kurikulum maupun jalinan kerjasama, dengan lembaga terkait. Lebih dari itu hubungan alumni dengan prodi Manajemen Dakwah dikembangkan dalam bentuk pengembangan kegiatan kelompok studi profesi Manajemen Dakwah yang didalamnya terlibat unsur-jurusan, dosen, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan. Partisipasi alumni dalam memberikan masukan kepada program studi Manajemen Dakwah sangatlah banyak, hal ini berdasarkan pengalaman alumni yang sudah bekerja, dalam memberikan sumbangan pemikiran untuk pengembangan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pasar


Dosen Prodi MD Ikuti Sosialisasi Buku dan Workshop Penerapan Wahyu Memandu Ilmu dalam Kurikulum 2019

.

Selasa (19/11/2019). Hotel Nevanna Bandung Barat dilaksanakan acara pembukaan Sosialisasi Buku dan Workshop Penerapan…

Hasanudin, Mahasiswa MD yang Juarai PIONIR IX

.

Jumat (19/07/2019), Helatan Pekan Ilmiah Olahraga, Seni dan Riset (PIONIR) IX Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri…

DPP PAMDI Menyelenggarakan Simposium Nasional Dinamika Dakwah di Indonesia

.

Simposium Nasional Dakwah dan Tantangan Dunia Baru yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN…

Prodi MD Komitmen Menjaga Riset Jujur

.

Senin (8/10), guna meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa, prodi Manajemen Dakwah mulai tahun ini menerapkan…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201