Tata Pamong

Program Studi Manajemen Dakwah menerapkan Standard operasional prosedur (SOP) dan penggunaan panduan-paduan akademik menjadi ruh dalam panduan tata pamong, maupun kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu. Adapun untuk Tata Pamong dengan penjelasan sebagai berikut :

1.  Struktur Organisasi

Struktur Organisasi Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung bersifat struktural. Hal ini mengacu pada statuta Keputusan Menteri Agama No. 39/2010. Struktur Program Studi Manajemen Dakwah Fakuktas Dakwah dan Komunikasi, terdiri dari unsur Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, dan unsur Staf Administrasi. Semua personal struktur ini diangkat berdasarkan SK Rektor dengan masa jabatan 4 tahun

2.  Fungsi dan Tugas Personel

Struktur Program Studi bertanggung jawab langsung kepada Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Tugas pokok dan fungsinya dapat diuraikan sebagai berikut :

a.  Ketua Program Studi

1)  Bersama Wakil Dekan Bidang akademik menyusun kurikulum Program Studi

2)  Mendistribusikan mata kuliah untuk penyajian setiap semester

3)  Menyusun pendistribusian mata kuliah kepada para dosen

4)  Mengevaluasi kurikulum Program Studi setiap 4 tahun sekali

5)  Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses perkuliahan dan seluruh kegiatan akademik

6)  Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dosen

7)  Menyelenggarakan dan memfasilitasi kegiatan perkuliahan dan praktik mahasiswa

8)  Menyusun dan mengatur pendistribusian bimbingan skripsi mahasiswa kepada para dosen pembimbing

9)  Melakukan kerja sama dengan berbagai instansi terkait yang menunjang peningkatan proses belajar mengajar

10)Melaporkan seluruh kegiatan Program Studi kepada Dekan melalui Wakil Dekan Bidang Akademik

b.  Sekertaris Program Studi

1)  Membantu Ketua Program Studi dalam penyusunan kurikulum

2)  Membantu Ketua Program Studi dalam pendistribusian mata kuliah untuk setiap semester

3)  Merekomendasikan dosen untuk pendistribusian mata kuliah

4)  Menyusun daftar mata kuliah setiap semester untuk didistribusikan kepada para dosen dan mahasiswa setelah melalui rapat Program Studi yang dipimpin oleh Ketua Program Studi

5)  Membantu Ketua Program Studi dalam mengevaluasi kurikulum setiap 4 tahun sekali

6)  Membantu Ketua Program Studi dalam mengevaluasi kinerja dosen berdasarkan masukan dari mahasiswa

7)  Menghimpun dan menyampaikan keluhan dan saran para dosen kepada Ketua Program Studi

8)  Membantu Ketua Program Studi dalam pendistribusian bimbingan skripsi kepada para dosen pembimbing

9)  Menyusun jadwal Ujian Tengah Semester dan Ujian akhir Semester untuk didistribusikan kepada para dosen dan mahasiswa setelah berkoordinasi dengan Membantu Ketua Program Studi

10)Menghimpun dan mengolah data kemajuan akademik mahasiswa pada setiap semester untuk diteruskan kepada tahap penyusunan transkip nilai mahasiswa

11)Menyusun dan merekomendasikan mahasiswa yang layak untuk mengajukan ujian munaqosyah skripsi berdasarkan hasil pemeriksaan data kemajuan akademik

12)Menyusun dan menginformasikan cuti akademik mahasiswa kepada Ketua Program Studi

13)Menyusun dan melaporkan lulusan berikut Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada setiap selesai ujian munaqosyah skripsi kepada KetuaProgram Studi dan Kepala Tata Usaha Fakultas serta kepada Panitia Wisuda Universitas pada setiap kegiatan persiapan wisuda

14)Melaporkan dan mempertanggungjawabkan kegiatan Program Studi kepada Wakil Dekan Bidang Akademik melalui Ketua Program Studi

c.  Administrasi Umum

1)  Mengadministrasikan seluruh aktivitas akademik bersama dengan sekretaris Program Studi

2)  Mengkoordinasikan pelaksaan kegiatan adminitrasi bersama dengan kepala tata usaha dan sekretaris program studi

3)  Mengkoordinasikan pemakaian fasilitas perkuliahan dan sarana lainnya yang menunjang bagi pengembangan proses perkuliahan

4)  Melakukan proses administrasi praktik mahasiswa dan kegiatan penelitian

3.  Mekanisme Tata Pamong

Agar setiap kegiatan terdokumentasi secara baik dan memiliki  alur proses secara sistematis, procedural, jelas dan standar, masing-masing kegiatan disusunkan Standard Operating Procedur-nya (Juklak-SOP) atau disebut juga sebagai prosedur manual. SOP/Juklak memuat jenis-jenis kegiatan, prosedur pelaksanaannya, petugas, penanggung jawab kegiatan, tanggal penyusunan dan revisi SOP, nomor SOP, dan lain sebagainya. Standarisasi pelaksanaan SOP mengacu kepada Statuta UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selain itu ada juga standar pelayanan minimum yang dilakukan kepada civitas akademika Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Struktur Pengelola Program Studi Manajemen Dakwah Periode 2015-2019 sebagai berikut:

Ketua Prodi          : H. Arif Rahman, S.Ag., M.Pd.

Sekretaris Prodi   : H. Asep Iwan Setiawan, S.Sos.I., M.Ag.

Staf Prodi             : Cecep Abdurahman, S.Sos.

UPZ Manajemen Dakwah hadiri BAZNAS AWARD 2019

.

Bandung, (02/12/2019) Unit Pengumpul Zakat Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghadiri undangan acara…

Mahasiswa MD menjadi Peserta Millenial Islamic Leadership Forum

.

Bandung- (22/04/2019) Program Studi Manajemen Dakwah Melalui Unit Pengumpul Zakat Manajemen Dakwah (UPZ MD)…

Jurusan Manajemen Dakwah Bentuk Kepengurusan Laboratorium KBIHU Periode 2019/2020

.

Selasa, (12/11/2019) Jurusan Manajemen Dakwah melakukan follow up atas recruitmen calon pengurus KBIHU…

Sekjur Sosialisasi Visi dan Misi MD

.

Ahad (08/09/2019) Dalam rangka memberikan pemahaman mengenai budaya akademik dan kemahasiswaan, Jurusan Manajemen Dakwah…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201