Tujuan dan Sasaran Prodi MD

Adapun tujuan dari Program studi Manajemen Dakwah sebagai langkah-langkah untuk mewujudkan visi program studi adalah sebagai berikut :

  1. Memiliki kompetensi dalam memahami, menjelaskan dan mampu melakukan memberikan solusi dari permasalahan dalam ranah keahliannya yakni bidang Manajemen Dakwah secara teoritik maupun praktik.
  2. Memahami asas-asas pengelolaan dan mampu mengemban amanah pada posisi-posisi tertentu sesuai dengan keahliannya pada berbagai lini di masyarakat.
  3. Memiliki keterampilan praktis dalam bidang Manajemen Dakwah sekaligus memahami posisi Manajemen Dakwah dalam kerangka Dakwah Islam.
  4. Mengembangkan program studi Manajemen Dakwah dengan memberikan landasan etika dan moral dalam keterpaduan proses dan kemanfaatan ilmu pengetahuan, keilmuan, dan ketaqwaan dalam berbagai lapangan kerja seperti ilmuan dakwah, (dosen, peneliti) staf atau pengelola instansi-instansi pemerintah yang terkait dengan perencanaan dan pengelolaan kelembagaan dakwah; tenaga profesional dalam kegiatan perencanaan dan pengelolaan pengembangan kehidupan dan kepemimpinan umat pada semua tingkatan; manajer pada lembaga swasta (profit/non profit) organisasi masyarakat, Non-governmental organization (NGO), Organisasi Politik Islam; pengelola lembaga Islam pemerintah maupun swasta yang relevan dengan kompetensi lulusan Manajemen Dakwah.

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran program studi adalah menjadi ahli Manajemen Dakwah melalui peningkatan kompetensi yang mencakup kompetensi akademik, kepribadian, dan keterampilan yang disusun melalui sistem kurikulum yang memperhatikan aspek keunggulan dengan berbasis pada kompetensi (competency based curriculum) dengan pendekatan kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Sedangkan pencapaian sasaran ini diukur melalui tiga aspek yaitu :

a. Ketetapan waktu penyelesian studi;

b. Kualitas IPK;

c. Tingkat serapan lulusan pada lapangan kerja.

  Strategi yang dilakukan untuk mencapai sasaran diterapkan dalam proses belajar mengajar yang didukung oleh :

a. Kurikulum;

b. Panduan akademik dan perkuliahan;

c. Supervisi perkuliahan;

d. Peningkatan kualitas sumber daya manusia;

e. Sarana dan prasarana;

f. Mengundang pakar dan dosen tamu;

g. Melakukan berbagai kerjasama dengan pihak luar lembaga.

Adapun capaian dari sasaran yang telah ditetapkan oleh Program Studi Manajemen Dakwah ialah :

a. Terwujudnya sarjana yang berpikiran dan bersikap terbuka dan memiliki respon yang tinggi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kontemporer, serta permasalahan kemasyarakatan, khususnya dalam bidang tadbir.

b. Terwujudnya sarjana berkarakter Islami dan menjunjung tinggi etika.

c. Terwujudnya sarjana yang menguasai dasar-dasar metodologi, sehingga mampu mengaplikasikan dan mengembangkan ilmu serta bertindak sebagai sarjana.

d. Terwujudnya sarjana yang memiliki keahlian dalam memahami, menjelaskan, dan memecahkan persoalan keumatan serta dapat memberikan solusi pada kehidupan sosial-kultural.

e. Terwujudnya sarjana yang memiliki kemampuan dalam mengimplementasikan keahlian sesuai dengan profesi dalam bidang tadbir.

f. Terwujudnya sarjana yang memiliki kemampuan dalam mengemban amanah jabatan yang sesuai dengan bidang keahlian dalam kegiatan produktif dan pelayan publik yang terkait dengan pengelolaan majelis taklim, masjid, organisasi kemasyarakatan Islam, organisasi politik Islam, pelaksanaan ibadah haji, umroh dan ziarah, infak dan sedekah, lembaga swadaya masyarakat (LSM) Dakwah, pengelola keuangan Islam.

Strategi Pencapaian

Untuk mencapai visi, misi dan tujuan program studi Manajemen Dakwah, maka dirumuskan strategi pencapaiannya dalam lima tahun pertama sebagai berikut[1]:

a. Target capaian pada tahun 2015:

  1. Meningkatkan disiplin dan kinerja staf administrasi dalam melakukan penanganan dan memberikan pelayanan prima atas kinerja akademik.
  2. Meningkatkan disiplin dan/atau kinerja dosen dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian terhadap masyarakat.
  3. Mengembangkan materi, tujuan, strategi, dan teknik evaluasi perkuliahan dengan dibentuknya team teaching.
  4. Mengembangkan jejaring alumni dan kerjasama dengan lembaga lain.

b. Target capaian tahun 2016

  1. Meningkatkan kemampuan akademik dan metodologis dosen dalam  memberikan pengajaran, baik melalui studi lanjut, diskusi bulanan, seminar, pelatihan strategi pengajaran dan sebagainya.
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam penguasaan multi media sebagai media pembelajaran.
  3. Memperbaharui sistem pelayanan administrasi akademik terhadap mahasiswa berbasis teknologi informasi (komputerisasi).

c. Target capian tahun 2017

  1. Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk mengikuti proses perkuliahan.
  2. Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menyelesaikan studi tepat waktu.
  3. Melakukan evaluasi hasil perkuliahan dan memberikan Kartu Hasil Studi (KHS) kepada seluruh mahasiswa pada setiap akhir semester untuk dijadikan bahan kajian dan supervisi bersama dosen pembimbing akademik.
  4. Monitoring pembimbingan akademik dan bimbingan skripsi untuk setiap mahasiswa melalui buku panduan bimbingan.

d. Target capaian tahun 2017

  1. Meningkatkan  kemampuan mahasiswa dalam menguasai bahasa Inggris dan Arab melalui program Ma’had Ali, dan program khusus yang dikerjasamakan dengan pesantren-pesantren.
  2. Membentuk kelompok (group) kajian dan penguatan kompetensi sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa dalam ranah kompetensi bidang tadbir, yaitu: kajian kelembagaan islam, keuangan islam dan organisasi politik Islam,  yang kemudian dibimbing oleh dosen dalam bentuk pelatihan yang terbagi pada: (1) semester satu sampai dengan dua diberikan pelatihan kelembagaan Islam; (2)  semester tiga sampai dengan empat  diberikan pelatihan keuangan islam; dan (3) semester lima sampai dengan enam diberikan organisasi politik Islam
  3. Pembenahan laboratorium Manajemen Dakwah
  4. Optimalisasi peran media sosial dalam sosialisasi program studi
  5. Pembinaan Dosen dalam penelitian dan pengabdian secara berkala
  6. Memperkuat asosiasi profesi manajemen dakwah (PAMDI-Perkumpulan Ahli Manajemen Dakwah Indonesia)

e. Target Capaian 2018-2019

  1. Evaluasi agenda 5 tahunan
  2. Perencanaan agenda 5 tahun
  3. Pengembangan jejaring lembaga, alumni, dan stakeholders lainnya
  4. Grand launching komunitas studi profesi Manajemen Dakwah,
  5. Launching Kajian UPZ
  6. Laboratorium UPZ, KBIH, dan Pengembangan Sumber Daya Insani
  7. Pengembangan website dan media sosial Prodi Manajemen Dakwah,
  8. Pengembangan tenaga dosen dan tenaga kependidikan
  9. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji
  10. Majelis Tahfid Al-Qur’an
  11. Manajemen Event Organizer
  12. Revisi Kurikulum Berbasis Outcome dengan kerangka KKNI

[1]Dokumen Rencana Strategis 2015 dan Rencana Operasional Program Studi Tahun 2015-2020.

HMJ-MD Gelar FOKUS 2018

.

Jum'at (2/11) Himpunan Mahasiswa Jurusan - Manajemen dakwah (HMJ-MD) gelar acara Fase Orientasi Kemahasiswaan Jurusan (FOKUS…

UIN Bandung Utus Tim Akreditasi dalam Pelatihan OBE

.

Senin (22/7/2019) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung memiliki visi untuk menjadi universitas yang…

Alumni MD Lulus Perwira Prajurit Karier TNI

.

Selasa (30/08/2019) Rekrutmen Prajurit TNI Karir Mabes TNI yang dilangsungkan untuk sarjana agama, Komunikasi Penyiaran…

UPZ MD SALURKAN DANA PEDULI PALU DAN DONGGALA

.

Senin (22/10/2018). Unit Pengumpul Zakat Manajemen Dakwah (UPZ MD) melakukan pengumpulan dana untuk para korban bencana…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201