Mahasiswa MD Ikuti Pelatihan EcoMasjid tahun 2019

Tangerang (04/12/2019) Iiq Muchtar Taufik Mahasiswa Manjeman Dakwah UIN SGD Bandung mengikuti Pelatihan ecoMasjid angkatan 2. Tata kelola masjid merupakan salah satu core kompetensi dari program studi Manajemen Dakwah. Dalam prodi MD dipelajari mengenai manajemen masjid. Oleh karena itu kegiatan pelatihan ecoMasjid merupakan hal yang berbanding lurus dengan kompetensi prodi.

Dalam tata kelola masjid ini, perlu adanya sinkronisasi dengan lingkungan. Kegiatan ini dilaksanakan di Puspitek Serpong, kegiatan ini terwujud atas kerjasama Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bersama Lembaga Pemulihan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam serta Majelis Ulama Indonesia.

Adapun pelatihan dilakukan dari tanggal 3 s.d. 5 Desember 2019, p elatihan yang digelar di Wisma Dormitory Puslatmas PGL Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang berlokasi di Komplek Perumahan Puspiptek, Kota Tangerang Selatan, Banten ini diikuti pengurus dari 40 masjid di 13 kabupaten/kota dari Jawa barat dan 4 kabupaten/kota Banten.

Kepala Puslatmas PGL KLHK,Cicilia Sulastri, S.H, M.Si., menyatakan pihaknya mendukung penuh siap memfasilitasi gerakan EcoMasjid melalui pelaksanaan pelatihan atau bimbingan teknis, pemberian bantuan sarana prasarana dalam pelaksanaan EcoMasjid, misalnya bibit pohon, dan sarana pengelolaan sampah.

“Semoga gerakan EcoMasjid yang diinisiasi oleh Pak Hayu (MUI) ini, bisa menjadi pelopor dalam penyelamatan lingkungan berbasis agama,” kata Cicilia saat menyampaikan sambutan saat pembukaan pelatihan di Wisma Dormitory Puslatmas PGL KLHK, Tangerang Selatan, Selasa (3/12).

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga siap memberikan dukungan pemberian penghargaan EcoMasjid berupa memberikan konsultasi untuk evaluasai dan perancangan gerakan EcoMasjid serta penyerahan piagam penghargaan.

Sementara Kepala Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Masyarakat, Setyo Winarso, S.Hut, mengharapkan para pesertga dapat menyelenggarakan dan membiasakan kegiatan yang ramah lingkungan di masjid dan lingkungan sekitarnya.

“Semoga para dai dapat menjadi corong dalam mendakwahkan prilaku dan budaya yang ramah lingkungan melalui gerakan EcoMasjid,” ujarnya.

Ketua LPLH-SDA MUI Dr. Hayu Prabowo menjelaskan, pelatihan tersebut digelar dalam rangka peningkatan pengetahuan pengelolaan masjid ramah lingkungan.

Menurutnya, krisis lingkungan hidup dengan berbagai manifestasinya adalah krisis moral, maka penanganannya haruslah melalui pendekatan moral.

“Masjid merupakan salah satu sarana yang digunakan untuk pembinaan moral keagamaan,” tegas Hayu saat menyampaikan sambutan.

Dia mengatakan, pembinaan moral keagamaan tersebut tidak bisa hanya dengan ceramah, perlu aksi nyata untuk membangun kemandirian umat dalam menghadapi ancaman kelangkaan air, pangan dan energi.

“Hal ini kita lakukan dengan orientasi pengelolaan masjid yang mandiri dan berkelanjutan pada aspek idarah, imarah, dan ri’ayah,” ujar Hayu.

Program EcoMasjid ini menjadi program yang diharapkan dapat mampu meningkatkan kesadaran dan partisipasi aktif pengurus dan jamaah terhadap pentingya pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam di sekitar masjid dan tempat tinggalnya

Iiq mengungkapkan “Kegiatan ini sangat mengasyikan, dan menambah ilmu bagaimana manajemen masjid yang baik, terlebih ini menekankan pada kepedulian pengelola masjid terhadap lingkungan, ini pengalaman yang luar biasa bagi saya,” Ungkapnya.

Peserta dilatih baik dalam kelas maupun praktek lapangan dalam penerapan masjid ramah lingkungan. Hal ini tentunya menambah wawasan dan pemahaman aplikatif mengenai manajemen masjid berbasis lingkungan .( Iq)


Dosen MD ikuti Pertandingan antar Satker Kemenag RI

.

Rabu (9/01/2019), Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama RI ke-73, Kemenag Pusat mengadakan…

Pembukaan Rapat Kerja UIN SGD Bandung 2019

.

Rapat Kerja (Raker) UIN SGD Bandung tahun 2019 dilangsungkan di Yogyakarta, mulai tanggal 11-14 Maret 2019. Kegiatan yang…

Prodi MD adakan Workshop Penguatan Ranah Penelitian Skripsi

.

Dalam rangka peningkatan kedisiplinan penyelesaian penelitian akhir (skripsi) bagi mahasiswa, program studi Manajemen…

Prodi MD Terapkan Kuliah Daring

.

Selasa (31/03/2020) Menyusul Surat Edaran Rektor UIN Bandung mengenai perpanjangan masa perkuliahan antar jarak (Distance…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201