Prodi MD Simulasi Penyelenggaraan Manasik Haji di Embarkasi Pondok Gede

Kamis, (26/12/2019) Jurusan MD angkatan 2018 tepatnya semester V kelas A,B dan C melaksanakan praktek manasik haji di Emabarkasi Haji Pondok Gede Jakarta. Kegiatan ini merupakan evaluasi akhir dari rangkaian praktek Mata Kuliah Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah. Acara tersebut diikuti oleh 116 orang mahasiswa/i yang dibentuk menjadi 3 kloter. Yang diketuai oleh Fadly Noor Adha Fuad, Febri Syahrizal dan Rendra Samba Ananta. Masing-masing kloter dibagi menjadi rombongan yang berjumlah 20 orang dan regu yang berjumlah 10 orang.

Kegiatan itu dilaksanakan mulai pukul 06.00 WIB dan berakhir pukul 11.00 WIB, manasik dilakukan dengan terlebih dahulu mendapatkan pengarahan dari H. Asep Iwan Setiawan, S.Sos,I, M.Ag dan pemaparan tatacara memakai kain ihrom dari H.Amin Hamdani, M.Ag

Dalam arahannya H.Asep Iwan mengatakan bahwa manasik haji ini harus secara serius diikuti dan tidak dianggap main-main dalam pelaksanaannya, “Peragaan manasik haji ini diharapkan menjadi media evaluasi untuk mengukur wawasan mahasiswa/i terhadap pelaksanaan ibadah hai dan umroh dan untuk mengukur kemampuan hafalan doa-doa dalam rangkaian ibadah haji dan umrah” ungkapnya lagi.

Rangkaian praktek manasik haji tersebut meliputi niat, ihram, thawaf, sa’i, wukuf, melontar jumroh, thawaf ifadah, sa’i, tahalul dan thawaf wada. Yang semua itu dilakukan secara beregu. “ Kegiatan manasik ini memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan ibadah haji dan juga memberikan semangat dalam doa yang menggebu semoga bisa melaksanakan ibadah haji suatu saat nanti “ sahut Acep Saputra salah satu mahasiswa peserta praktek manasik haji.

Selain praktik manasik juga, kegiatan ini merupakan simulasi dari rangkaian ibadah haji," Kegiatan ini merupakan puncak dari kegiatan simulasi dari awal pendaftaran haji, manasik, dan pembelajaraan manajemen perhajian di Indonesia", pungkas Yuyun Yuningsih, M.Ag,. selaku dosen pengampu Manajemen Haji, Umrah dan Ziarah. (Yun)


Rektor : UIN Bandung Targetkan menjadi 5 Besar Peringkat Dunia

.

Kamis (13/06/2019), keluarga besar Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung selenggarakan  acara…

Kajur MD: Mengikuti Arahan Menteri Agama Untuk Persiapan Armuzna

.

Makkah (02/08/2019). Puncak haji yaitu wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah, dan melempar jumrah di Mina (Armina), tinggal…

Beasiswa BAZNAS JABAR

.

Sabtu (25/01/2020) Kabar gembira untuk kamu mahasiswa/i Jawa Barat. Khususnya kamu mahasiswa/i UIN SGD Bandung. Di…

Dekan: Olahraga adalah Dakwah

.

Sabtu (17/8/2019) Sudah menjadi tradisi di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung dalam menyambut momentum HUT…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201