Laboratorium MD UIN Bandung di kunjungi MD IAIN Kudus

Selasa (28/01/2019). Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung menerima kunjungan studi banding Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus. Hal ini berdasarkan alasan karena semua program studi pada FDK UIN Bandung telah terakreditasi A dan UIN Bandung sudah menerapkan SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) bagi para lulusannya

Dekan FDKI IAIN Kudus, Dr. Masturin, M.Ag. menyampaikan maksud dari silaturahmi," Kami hendak menimba ilmu mengenai pelaksanaan akareditasi, dari persiapan, sampai visitasi, serta kami pun ingin mendapatkan wawasan mengenai implementasi KKNI dan SKPI bagi para lulusan FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung,serta pengelolaan laboratoriumnya"ujarnya.

Akhir sambutannya, Masturin mengucapkan terima kasih atas kebaikan dari UIN Bandung dan mendoakan agar kebaikan Dekan FDK UIN Bandung dibalas oleh Allah.

Dekan Dekan FDK UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag bahwa, "Setelah jurusan pada FDK mendapatkan akreditasi A, maka ke depan FDK akan meningkatkan kualitas mutu mulai dari pengembangan kurikulum, mutu praktikum, mutu dosen, pelayanan, juga mutu mahasiswanya, dan akreditasi A itu baru permulaan dalam peningkatan mutu", tandasnya.

Adapun implementasi SKPI dijelaskan oleh Dr. H. Enjang As, M.Si., M.Ag., yang menyampaikan bahwa, "SKPI di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, harus mempertajam keahlian profesi dari prodi masing-masing., oleh karena itu diadakan uji kompetensi yang dilakukan bersama dengan lembaga yang kompeten dibidangnya, setelah itu baru di berikan SKPI bagi para lulusan',  Ujarnya.

Setelah acara resmi selesai, selanjutnya kunjungan ke laboratorium. Adapun Ketua Program Studi (Kaprodi) Manajemen Dakwah (MD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus, Mas’udi melakukan studi banding ke MD UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Asep Iwan Setiawan, M.Ag., selaku sekretaris jurusan MD menyampaikan mengenai pengelolaan laboratorium Manajemen Dakwah, "Dalam pengelolaan Lab. MD, kami bekerjasama dengan dosen pengampu mata kuliah, serta ada juga dosen yang ditugaskan untuk menjadi pembina lab. MD., dengan bidang kajian Mataqu, KBIHU dan UPZ,"ujarnya.

Pengelolaan ini lebih menitikberatkan sebagai upaya peningkatan kemampuan mahasiswa dan pengalaman perkantoran kelembagaan islam. Lebih lanjut dijelaskan,"Untuk memenehui kebutuhan organisasi dan administrasi Lab.MD, maka kami buatkan juga SOP yang menjadi acuan dalam pengelolaan lab ini," tandasnya.

Dengan adanya lab. ini diharapkan mahasiswa lebih memahami mengenai kajian MD dan manajemen kelembagaan, sehingga ketika melaksanakan PPM (Praktik Profesi Mahasiswa) mahasiswa MD sudah memiliki gambaran secara baik.

Dalam kesempatan ini pula Dr. Mas'udi, S.FiI.I, MA., menyampaikan terima kasih atas informasi mengenai pengelolaan lab. Dan beliau membagikan model praktek mahasiswa MD IAIN Kudus yang akan  ke Makkah Madinah sekaligus Umroh. Dengan target dari kegiatan praktek seperti Program Pengenalan Lapangan (PPL), Praktek Kerja Lapangan (PKL) bahkan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Mekah dan Madinah. Mahasiswa MD akan menjalani KKN sembari melaksanakan kegiatan umroh bersama jamaah dari biro travel.

“Tak hanya itu. Targetnya, mahasiswa juga akan berperan sebagai pemandu jamaah. Kita siapkan semester akhir nanti KKN di Mekah. Ayo mulai nabung dari sekarang," kata Mas’udi.

Tentunya hal ini juga menjadi masukan buat MD UIN Bandung, dalam menambah model dan pola PPM ke depan. (Wan)

MD Siap Sukseskan Ujian Tahfidz & Munaqasyah Daring

.

Ahad (05/04/2020) Prodi Manajemen Dakwah UIN Bandung bersiap selenggarakan ujian tahfidz dan munaqasyah secara online. Hal…

UIN Bandung Laksanakan PMB Jalur Mandiri secara Online

.

Selasa (07/07/2020) Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan dilaksanakan secara daring.…

92,8 Persen Dosen MD Hadir pada Perkuliahan Pekan Pertama

.

Sabtu (07/09/2019) Jadwal Perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 mulai berlangsung pada 02 September 2019.…

Mendekatkan Diri pada Alam Fokus MD 2018 di tutup di Ciherang Sumedang

.

Bandung (12-12-2018)Himpunan Mahasiswa Jurusan - Manajemen Dakwah gelar penutupan acara Fase Orientasi…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201