UPZ Prodi MD Terima Silaturahmi dari BAZNAS Jawa Barat

Selasa (04/02/2020) Unit Pengumpul Zakat Program Studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Bandung menerima kunjungan silaturahmi dari Lembaga Beasiswa Baznas (LBB) Jawa Barat. Silaturahmi dilaksanakan dalam rangka monitoring sekaligus sosialisasi beasiswa yang diselenggarakan oleh Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Jawa Barat.

Hadir dalam kunjungan tersebut antara lain Ketua Prodi MD, H. Arif Rahman; Sekretaris Prodi MD, H. Asep Iwan Setiawan; Pembina UPZ, Ridwan Rustandi; Pembina KBIHU, H. Amin Hamdani; Pembina Mataqu, Yuyun Yuningsih; dan para pengelola Laboratorium UPZ MD.

Dalam sambutannya, Arif Rahman menyampaikan bahwa posisi dan status UPZ MD memiliki keunikan dan perbedaan dengan UPZ di kampus lain. Dimana UPZ MD difungsikan bukan sebatas unit pengumpul saja melainkan sebagai laboratorium untuk mahasiswa Manajemen Dakwah.

"Pada praktiknya, UPZ MD banyak dikelola oleh mahasiswa, sebab ini merupakan laboratorium untuk mahasiswa", ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan dari LBB Baznas antara lain Azat Sudrajat dan Mustofa. Azat menyampaikan bahwa kunjungan silaturahmi ini sebagai wujud monitoring dan sosialisasi teknis penyelenggaraan beasiswa oleh BAZNAS.

Azat menyampaikan apresiasi kepada UPZ MD terkait akselerasi dan perubahasan status UPZ di UIN Bandung. Selain itu, Azat menyampaikan bahwa salah satu bentuk penyaluran zakat di BAZNAS Jawa Barat adalah pemberian beasiswa kepada mahasiswa di beberapa perguruan tinggi.

"Program LBB ini merupakan program turunan dari BAZNAS Pusat. Ini sebagai komitmen BAZNAS Jawa Barat dalam upaya mencerdaskan bangsa", ungkapnya.

Untuk diketahui, Program Beasiswa BAZNAS untuk tahun 2020 diberikan kepada mahasiwa di lima universitas antara lain Universitas Padjadjaran, Institut Pertanian Bogor, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Majalengka, dan Universitas Siliwangi.

"Pemilihan lima universitas ini sebagai bentuk prioritas bagi kampus-kampus yang didalamnya ada UPZ. Harapannya semoga menjadi penyulut bagi kampus lain yang belum memiliki UPZ", tambahnya.

"Kehadiran kami dalam konteks LBB ini adalah permohonan untuk sinergitas pada proses seleksi beasiswa. Dalam hal ini, seleksi di tahapan interview dilakukan oleh UPZ terkait", ujar Azat.

Beasiswa BAZNAS Jawa Barat diselenggarakan mulai Januari s/d Maret 2020. Proses seleksi beasiswa dilakukan dalam lima tahapan, mulai dari tahap registrasi, Assesment Administrasi, Pengumuman Lolos Seleksi, Interview atau wawancara dan Penentuan Akhir setelah interview.

"Mudah-mudahan kolaborasi antara LBB dan UPZ MD menjadi prototipe bagi prodi MD di Indonesia dan UPZ lainnya", pungkasnya. (RR01)


Prodi MD Siap Laksanakan Audit Mutu Internal 2019

.

Kamis (11/7/2019) Lembaga Penjamin Mutu UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali selenggarakan Audit Mutu Internal (AMI)…

Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Gelar Lagi Sertifikasi Pembimbing Haji Khusus 2018

.

Bandung,(MD).- Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati bekerjasama dengan Kementerian Agama Republik…

Prodi MD Sukses Pertahankan Nilai Akreditasi

.

Penyelenggaraan akreditasi bagi jurusan/prodi di Perguruan Tinggi dilaksanakan setiap lima tahun sekali. Hal ini sebagai…

UIN SGD Pastikan Unggul dan Kompetitif

.

Yogyakarta (11/03/2019) Unggul dan kompetitif mesti menjadi kenyataan. Statemen ini disampaikan oleh Prof. Dr. H. Mahmud,…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201