Kajur MD Terima Kunjungan Ombudsman RI

Kamis (27/08/2020), Ketua Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati menerima kunjungan dari Ombudsman Republik Indonesia terkait tata Kelola Zakat Indonesia tepatnya tata Kelola Unit Pengumpul Zakat (UPZ) MD UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Hadir dalam kunjungan tersebut Hasymi Muhammad Plt Kepala Keasistenan Utama VII, Rudi Kurniawan Asisten KU Substansi VII, dan Ita Resmi Marliana Calon Asisten Ombudsman RI. Kunjungan tersebut dalam rangka melakukan kajian inisiatif terhadap permasalahan pelayanan publik. “Tujuan kunjungan kami tiada lain selain silaturrahim juga untuk meminta data dan keterangan terkait tata Kelola zakat UPZ Prodi Manajemen Dakwah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, mencakup kepengurusan, tata Kelola pengumpulan zakat dan pemberdayaan zakatnya” ungkap Hasymi.

Lebih jauh Hasymi mengatakan bahwa informasi ini berkaitan dengan akan dilaksanakan Rapid assessment mengenai tata Kelola Zakat di Indonesia untuk tahun anggaran 2020 sebagai bahan acuan kebijakan pemerintah RI, “Adalah hal penting bagi kami melakukan kunjungan ini bukan hanya pelaksanaan tugas semata,  tetapi berkaitan dengan kebijakan tatakelola zakat di kemudian hari” ungkapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Jurusan Manajemen Dakwah H.Arif Rahman, S.Ag,M.Pd menjelaskan keberadaan dan tata Kelola UPZ, yang diawali dengan penjelasan latarbelakang berdirinya, tujuan serta target dan program didalamnya. “UPZ prodi MD selain sebagain bagian dari salah satu Laboratorium yang ada di Prodi MD, selain mattaqu dan KBIHU yang hadir sebagai media pengembangan kompetensi jurusan, juga berdiri dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat, infak dan sadaqah di Perguruan Tinggi, meskipun dalam realisasi proses pengumpulan zakatnya belum dilaksanakan dengan payroll system” sahut Arif.
Arif juga mengatakan bahwa UPZ prodi MD ini telah di SKan oleh Baznas Provinsi Jawa Barat dari tahun 2016, berupaya melakukan sosialisasi dan edukasi terkait zakat di lingkungan kampus, baik melalui seminar, workshop, melalui jejaring social media dan yang lainnya. “Berbagai kegiatan terkait upaya peningkatan pemahaman dan kesadaran zakat kami lakukan secara berkala disamping kami juga secara perodik melakukan laporan kepada Baznas” ungkap Arif. Dalam kunjungan tersebut Rudi Kurniawan juga mempertanyakan sejauh mana relevansi dan realisasi UU Zakat dengan pola pemberdayaan zakat yang dilakukan UPZ kepada masyarakat sekitar.  “UPZ sampai saat ini senantiasa berupaya melakukan tugas dan fungsinya namun belum sampai kearah pemberdayaan zakat di lingkungan masyarakat” sahut Arif. (YY)


Prodi MD Cetak Mudabbir Baru

.

Minggu (19/01/2020), Program studi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung…

MOU Jurnal Tadbir dengan PAMDI

.

Senin (04/05/2020) Pengelola Jurnal Tadbir Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung…

UPZ MD Adakan FGD Zakat Produktif Pendidikan

.

Senin (02/03/2020), Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Prodi Manajemen Dakwah selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) bersama…

Kajur MD : Akreditasi PIHK Jaminan Layanan Jamaah Haji

.

Jum'at (4/10/2019). Dalam proses akreditasi PIHK dan PPIU merupakan upaya untuk meningkatkan layanan kepada para jamaah…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201