Inovatif, Tiga Model dalam Praktikum Ibadah dan Tilawah di FDK!

Bandung (15/03), Fakuktas Dakwah dan Komunikasi selenggarakan sosialisasi dan orientasi Praktikum Ibadah dan Tilawah. Sosialisasi dilakukan kepada seluruh dosen prodi di lingkungan fakultas. Kegiatan yang dilaksanakan pada Jum'at (15/03), bertujuan untuk menguatkan pemahaman dan menyamakan persepsi bimbingan dan pengujian pada praktikum ibadah dan tilawah. 


Kegiatan secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan dilanjutkan dengan orientasi oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik. Hadir dalam kegiatan, Wakil Dekan 2 dan 3, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi, dan seluruh dosen di lingkungan FDK.


Dalam sambutannya, Dekan FDK, Prof. Dr. H. Enjang AS, M.Si., M.Ag menyatakan bahwa praktikum ibadah dan tilawah merupakan bagian penting dalam proses akademik mahasiswa. Karenanya, kegiatan ini menjadi syarat dalam mengikuti tahapan akademik selanjutnya.


"Praktikum ibadah menjadi syarat untuk mengikuti Praktikum Tilawah, dan Kedua praktikum ini menjadi syarat untuk mengikuti ujian komprehensif", ungkapnya.


Enjang menambahkan bahwa di tahun ini terdapat perbedaan dalam pelaksanaan praktikum ibadah dan tilawah. Di mana akan ada model baru dalam proses pelaksanaannya.


Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H. Dudy Imanuddin Effendi, M.Ag dalam paparannya menyampaikan bahwa model pelaksanaan praktikum dilaksanakan dalam 3 model.


"Pertama, model irsyadul qaul dalam bentuk kelas besar yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dari seluruh prodi dan diisi oleh beberapa orang narasumber. Kedua, model irsyadul amal dalam bentuk evaluasi dan simulasi oleh dosen pembimbing yang dibagi ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan prodi masing-masing", ujarnya.


Dudy menambahkan kedua model ini dilakukan untuk menguatkan pemahaman teoritik mahasiswa. 


"Sementara yang ketiga, Irsyadul Taudi dalam bentuk penugasan", tambahnya.


Untuk diketahui kegiatan Praktikum Tilawah akan diikuti oleh 1060 mahasiswa semester 4 dengan pembimbing 49. Dan Praktikum Ibadah diikuti oleh 1150 mahasiswa semester 2 dengan 51 pembimbing.


Ketua Prodi Manajemen Dakwah, Dr. H. Abdul Mujib, M.Ag mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan dan siap mensukseskan kegiatan praktikum.


"Pada prinsipnya Prodi MD siap mensukseskan kegiatan praktikum dan semoga menjadi penguat dalam peningkatan mutu akademik", pungkasnya.


Sebagai informasi, orientasi dan sosialisasi Praktikum Ibadah dan Tilawah untuk seluruh mahasiswa akan dilaksanakan mulai tanggal 18 sampai 20 Maret 2024. Adapun pelaksanaan akan dilaksanakan mulai 22 Maret sampai 8 Juni 2024. Untuk informasi lebih lanjut bisa memantau Official Media Fakultas Dakwah dan Komunikasi serta Official Media Prodi MD.

5 Amanat Dekan pada Pelepasan Wisuda Daring 2020

.

Jum'at (07/08/2020). Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dr. H. Ahmad Sarbini, M.Ag., melepas wisudawan Fakultas Dakwah…

Pelantikan Majelis Tadbirul Quran Manajemen Dakwah periode 2019/2020

.

Bandung, (06/05/2019) Majelis Tadbirul Quran Manajemen Dakwah (Mattaqu MD) resmi dilantik pada hari Senin,  tanggal…

Prodi Manajemen Dakwah & PAMDI Selenggarakan Seminar Daring Nasional

.

Kamis (21/05/2020) Di Masa Pandemi, aktivitas Dakwah mengalami transformasi dengan memanfaatkan saluran teknologi digital.…

Wisuda Ke-78 UIN Bandung dilaksanakan secara Virtual

.

Rabu (08/07/2020) Pelaksanaan Wisuda ke-78 UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.…

Kunjungan Hari Ini: 1.021
Kunjungan Kemarin: 1.490
Total Kunjungan: 10.201